Kamis, 10 Maret 2011

VirtualDJ

VirtualDJ (juga dikenal sebagai VDJ) adalah serangkaian video mixing software / audio yang dikembangkan oleh Atomix Productions Inc untuk digunakan oleh mobile dan klub DJ.
Software berjalan pada PC atau Mac untuk memungkinkan pengguna komputer untuk mencampur musik atau video, dengan atau tanpa pengontrol eksternal. DJ dapat mengontrol perangkat lunak dengan MIDI controller atau menggunakan perangkat keras tradisional DJ seperti CDJs dan mixer DJ dengan software emulasi vinyl dan CD.

SEJARAH
Versi pertama kali muncul pada bulan Juli 2003. VirtualDJ adalah penerus dari AtomixMP3, yang dirilis untuk pertama kalinya pada bulan September 2000. Pengembangan AtomixMP3 berhenti segera setelah VirtualDJ dirilis sebagai penggantinya.VirtualDJ dirilis dalam 3 versi yang berbeda sampai 2009: VirtualDJ Home Edition (dijual di toko-toko), VirtualDJ PRO (hanya tersedia online), dan VirtualDJ Limited Version (gratis dengan beberapa controller midi).Pada akhir 2009, versi baru yang disebut VirtualDJ Dasar dirilis sebagai alternatif anggaran untuk VirtualDJ Pro, tanpa kontrol MIDI.

Video Mixing
VirtualDJ menawarkan video pencampuran dan scratching , memungkinkan DJ menjadi VJ.

Vinyl Emulation
Vinyl Emulation memungkinkan pengguna untuk secara fisik memanipulasi pemutaran file audio digital pada sebuah komputer menggunakan turntable sebagai interface, dengan demikian menjaga tangan-nuansa deejaying dengan vinil sambil membiarkan pemutaran rekaman audio yang tidak tersedia dalam bentuk phonograph. Hal ini memungkinkan DJ untuk scratching, beatmatch, dan melakukan turntablism lain yang tidak memungkinkan dilakukan dengan interface komputer keyboard-dan-mouse konvensional.


Net Search
NetSearch adalah fitur yang diperkenalkan dengan versi 6.x. Pada beberapa rilis pertama ini pengguna diizinkan untuk mengakses musik dan video dari penyedia konten di internet. Musik dan video akan dialirkan langsung ke pengguna deck, dan no download akan diizinkan, kecuali untuk lokal cache, dilindungi oleh manajeman hak digital. Dari pelepasan VirtualDJ 6.1 Mei 2010 model ini diganti dengan model berlangganan, dengan Grooveshark sebagai penyedia konten.


MusicGroups
MusicGroups adalah fitur yang ditambahkan ke VirtualDJ 6.
MusicGroup mengumpulkan sejarah lagu, dan mempublikasikan mereka di Virtualdj.com. Izin pengguna dapat membuat kelompok mereka sendiri single-user, atau bisa bergabung dengan grup multi-user. Setiap halaman MusicGroup mencakup mini-blog, dengan sejarah lagu, serta top 20 lagu diputar, dan tracklists disimpan.  Pengguna lain dapat membuat komentar ke grup, dan berlangganan ke grup.
Perangkat lunak analisis daftar trek, dan membuat saran untuk apa lagu untuk campuran berikutnya. Saran didasarkan pada apa yang DJ lain di seluruh dunia telah memainkan berikutnya, dengan berat kuat pada MusicGroup Anda berlangganan. Pada dasarnya merupakan penasihat lagu real-time berdasarkan mengevaluasi apa yang DJ lain di seluruh dunia pencampuran.

Broadcast
VirtualDJ menyediakan dua cara untuk DJ untuk menyiarkan bauran set ke internet. Dengan dibangun di radioserver dalam perangkat lunak seorang DJ dapat disiarkan dari komputer sendiri dengan menerbitkan sebuah link yang dihasilkan oleh perangkat lunak, yang menyiarkan hasil pencampuran.Perangkat lunak ini juga dapat disiarkan ke webradio yang berjalan Shoutcastor Icecast server. Virtual Dj berbasis webradio telah berjalan sejak tahun 2005 dengan nama VirtualDJ Radio.

Bahasa Script VDJ
Dari VirtualDJ 6 pemetaan untuk MIDI atau HID pengendali berubah. Pada versi sebelumnya pemetaan untuk controller dilakukan dengan pembuat peta dibangun ke dalam perangkat lunak, atau dengan DLL file kode keras yang dibuat oleh pengguna(mengunakan C + + atau bahasa pemrograman lainnya).  VirtualDJ 6 memperkenalkan VDJScript bahasa membuat mapper kustom untuk setiap dan HID MIDI controller lebih mudah dengan mengedit konfigurasi mapper perangkat lunak, atau dengan mengedit sebuah XML file.

Penerimaan
Pada tahun 2010 VirtualDJ memenangkan penghargaan untuk Best Software DJ pada 25th Annual International Dance Music pada Winter Music Conference di Miami.

Download
Mau download klik disini

Screenshot

versi lama

versi baru

0 komentar:

Posting Komentar

Peliharaan Saya

Entri Populer